//
you're reading...
Uncategorized

Tujuan, Apa Sih?

Tujuan adalah sebuah keadaan yang ingin dirasakan dan dimiliki di masa depan, atau boleh diartikan sebagai sebuah alamat ke mana seseorang ingin menuju. Tujuan adalah sebuah keadaan, bukan jenis profesi. Sering kita mendengar atau bahkan melontarkan sebuah pertanyaan seperti ini, “Besok kalau besar ingin jadi apa, nak?”. Jawabannya pasti beragam. Ada yang ingin menjadi dokter, insinyur, presiden, dsb. Pertanyaan klise ini tanpa disadari menggiring mereka pada sebuah bentuk profesi dan bukan keadaan.

Dalam manajemen dipakai istilah visi untuk menyatakan tujuan. Istilah ini tidak eksklusif dipakai dalam satu disiplin ilmu saja, dengan kata lain istilah ini bersifat umum. Visi adalah pandangan jauh ke depan. Itu sebabnya seorang calon pemimpin sebuah organisasi terlebih negara, dituntut mempunyai visi karena dia akan membawa orang banyak kepada satu perjalanan. Setiap individu sudah menjadi pemimpin, paling tidak untuk diri sendiri.

Tujuan adalah sebuah komitmen, sebuah janji dan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi dari anda, oleh anda dan untuk anda sendiri. Tujuan adalah muara pengalokasian seluruh energi yang kita miliki karena kesanalah tanah pengharapan berada.

Tujuan berarti puncak gunung kesuksesan. Gunung itu haruslah tinggi sehingga dapat menuntun kita membuat langkah-langkah penting melalui lebatnya rimba kehidupan yang berliku. Tujuan pribadi bersifat eksklusif untuk kita sendiri dengan penilaian absolut (hanya kita sendirilah yang tahu). Kita jangan menilai atau membandingkan tujuan yang kita miliki dengan tujuan orang lain. Tetapkanlah itu hanya untuk diri sendiri.

Keuntungan Memiliki Tujuan…

Banyak sekali yang akan diperoleh jika memiliki sebuah tujuan, selain sebagai mercusuar kehidupan di masa depan tentunya. Beberapa keuntungannya, yaitu:

  • Melangkah maju

Saya yakin tak akan ada orang yang ingin berada di posisi dan keadaan yang sama dengan saat ini selamanya. Semua orang ingin berubah untuk maju, untuk meningkatkan keualitas hidup atau untuk membuat hidup lebih bermakna. Tujuan selalu berada di muka jadi dengan adanya tujuan seseorang akan melangkah maju.

  • Fokus

Perhatian dan langkah akan terfokus pada satu tujuan. Akibatnya adalah energi tidak akan terbuang kemana-mana.

  • Efisien

Dengan adanya fokus maka jumlah biaya yang keluar dari saat ini sampai suatu waktu nanti akan lebih hemat dan efisien.

  • Terukur

Jika ada tujuan yang jelas maka posisi dapat diukur. Ukuran ini dapat membantu membuat manajemen strategis untuk sisa perjalanan kita nantinya. Dengan demikian deviasi arah perjalanan yang terjadi dapat segera dikoreksi.

  • Teratur dan Disiplin

Dengan tujuan yang jelas maka seluruh kegiatan dan langkah akan lebih teratur walaupun tidak lepas dari dinamika kehidupan. Keteraturan dan kedisiplinan seseorang yang tidak mempunyai tujuan akan sangat berbeda dengan mereka yang memiliki tujuan. Mereka tidak ubahnya seperti jam yang berdetak teratur dan disiplin. Sebuah tujuan akan memberi seseorang sebuah jiwa pada keteraturan dan kedisiplinan itu sendiri.

  • Harapan

Beberapa penelitian dan kajian ilmiah psikologi membuktikan harapan adalah energi terbesar yang pernah dimiliki manusia. Sebuah harapan memungkinkan seseorang untuk menggerakkan batu yang besar, atau sebuah mobil yang terbalik. Sebaliknya keputusasaan dapat menenggelamkan seseorang ke dalam jurang kematian. Sebuah harapan, sekecil apa pun itu, akan membuat hidup lebih hidup.

About ahfidz

I am the always curios person. n I do enjoy it as a part of my way.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Agustus 2012
S S R K J S M
    Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 896 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: